Minggu, 08 Januari 2012

tipe-tipe keputusan

Tipe-Tipe Keputusan
Pengambilan keputusan adalah tindakan manajemen di dalam pemilihan alternatif untuk mencapai sasaran. Kegiatan dilaksanakan setelah keputusan diambil.Keputusan yang dilakukan oleh manajer tingkat atas sifatnya adalah rutin dan berulang - ulang yang disebut dengan istilah terprogram (programmed) atau keputusan terstruktur (structured decision). Terprogram bukan berarti keputusan dibuat oleh komputer dengan melalui suatu program komputer,tetapi berupa suatu kumpulan prosedur yang dilakukan berulang - ulang.Keputusan pada tingkat yang lebih tinggi sifatnya lebih tidak terprogram atau lebih tidak tertruktur,Secara ringkas, keputusan oleh manajemen dapat diklasifikasikan ke dalam tiga tipe, yaitu sebagai berikut :
1. Keputusan tidak terprogram atau tidak terstruktur
2.Keputusan setengah terprogram atau setengah terstruktur
3.Keputusan terprogram atau terstruktur
Pembuatan keputusan dapat didefinisikan sebagai penentuan serangkaian kegiatan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Pembuatan keputusan ini tidak hanya dilakukan oleh para manajer puncak, tetapi juga para manajer menengah dan para manajer lini pertama. Setiap jabatan seorang dalam organisasi menyangkut berbagai derajat pembuatan keputusan, bahkan untuk pekerjaan rutin sekalipun dan dalam macam organisasi apapun.

Manajer akan membuat tipe-tipe keputusan yang berbeda sesuai perbedaan kondisi dan situasi yang ada. Salah satu metoda pengklasifikasian keputusan yang banyak digunakan adalah dengan menentukan apakah keputusan itu diprogram atau tidak. Keputusan-keputusan juga dapat dibedakan antara keputusan yang dibuat di bawah kondisi kepastian, resiko dan ketidakpastian.
Teknik-Teknik Pembuatan Keputusan

Tradisional
Modern
I . Diprogram :
Keputusan-Keputusan rutin dan berulang-ulang.
1.  Kebiasaan
2.  Kegiatan rutin.
3.  Struktur organisasi, saluran informasi yang disusun secara baik.
1.    Teknik Operation Research.
2.    Pengolahan data elektronik.
II.    Tidak Diprogram :
Untuk sekali pakai

1.    Seleksi dan latihan.
2.    Coba-coba
3.    Kebijakan intuisi & kreatifitas.
Teknik pemecahan masalah dengan latihan pembuatan keputusan.



Sumber: 
[DOC] 
upi-yptk.ac.id/Ekonomi//Teknik%20pembuatan%20keputusan.doc?...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar